Sabtu, 08 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                 Sekolah              : SDN 06 Semidang Gumay
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/Semester  : V/1
Alokasi Waktu  : 3 x 35 Menit (1x pertemuan)

Standar Kompetensi :
  1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
            Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran.
Pokok Bahasan : Pembulatan dan Penaksiran Hasil Operasi Hitung
 

  1. Indikator
Produk
1.      Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat.
2.      Menaksir hasil operasi hitung (menjumlah,mengurang, mengali dan membagi) dua bilangan.
Proses
1.      Menjelaskan cara membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat
2.      Melakukan diskusi mengenai cara menaksir hasil operasi hitung (menjumlah,mengurang, mengali dan membagi)  dua bilangan.
Keterampilan Proses
1.      Melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat.
  1. Tujuan Pembelajaran
Produk
1.      Diberikan kartu bilangan, siswa dapat membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat.
2.      Diberikan permainan, siswa dapat menaksir hasil operasi hitung (menjumlah,mengurang, mengali dan membagi) dua bilangan.
Proses
1.      Diberikan kartu bilangan dan contoh soal  membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat siswa dapat menyelesaikannya.
2.      Setelah siswa memahami pembulatan bilangan siswa dapat menaksir hasil operasi hitung (menjumlah,mengurang, mengali dan membagi)  dua bilangan.
Keterampilan Proses
1.      Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat



  1. Materi Pembelajaran
1.      Membulatkan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat.
2.      Menaksir hasil operasi hitung dan bilangannya.
  1. Model Pembelajaran
1.      Model pembelajaran konstruktivistik
2.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
  1. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan (± 10 Menit)
1.         Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan untuk mengulang pembulatan bilangan dalam puluhan dan ratusan terdekat.
       32 = ……           91 = ……       950= …….
       78 =……..         119 =…….      648 = …….
Diharapkan siswa mengemukakan/menjelaskan jawabannya. Guru memberikan penguatan/ pemantapan atas jawaban siswa.
2.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa.



Terlaksana/tidak





Terlaksana/tidak

Kegiatan Inti (± 75 Menit)
1.      Menyampaikan informasi tentang pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat
2.      Guru meminta siswa untuk maju ke depan kelas untuk menjawab contoh soal tentang pembulatan bilangan dengan menggunakan kartu bilangan dan papan panel yang telah disediakan oleh guru. Guru memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban siswa dan memberikan pengarahan terhadap  jawaban siswa yang kurang betul.
3.      Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang telah diinformasikan.
4.      Guru mengorganisasikan siswa dalam bentuk kelompok dengan anggota yang sama banyak dan heterogen. Guru akan memberikan permainan kepada siswa. Dalam permainan guru memberikan soal-soal operasi hitung. Tugas siswa adalah menaksir hasil operasi hitung.
Cara bermain:
  1. Guru membacakan soal operasi hitung untuk ditaksir hasilnya oleh kelompok 1.
  2. Kelompok 1 harus menjawab soal dalam waktu 10 detik.
  3. Jika jawaban kelompok 1 salah atau dalam waktu 10 detik tidak dapat menjawab soal maka soal dilempar untuk kelompok berikutnya.
  4. Berikuitnya, giliran soal untuk kelompok 2, kelompok 3 dan seterusnya. Jika kelompok yang diberi soal tidak dapat menjawab dengan benar maka soal dilempar untuk kelompok berikutnya.
  5. Begitu seterusnya sampai setiap kelompok mendapat bagian masing-masing 3 soal.
  6. Kelompok yang menjawab benar mendapat nilai 10.
  7. Pemenangnya adalah kelompok yang mengumpulkan nilai tertinggi.
5.      Guru memberikan penguatan atau penghargaan pada kelompok yang mengumpulkan nilai tertinggi.

Terlaksana/tidak



Terlaksana/tidak






Terlaksana/tidak








Terlaksana/tidak




















Terlaksana/tidak

Penutup (±  20 Menit)
  1. Bersama siswa menyimpulkan materi cara pembulatan bilangan
  2. Guru memberikan evaluasi
  3. Guru menutup pelajaran dan memberikan tugas rumah dari buku siswa atau dari guru sendiri.

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak

  1. Sumber Pembelajaran
1.      Dunia Matematika SD dan MI untuk kelas V Bab I, Pembulatan dan Penaksiran Hasil Operasi Hitung.
2.      Pelajaran matematika penekanan berhitung untuk SD Kelas 5, Pembulatan dan Penaksiran Hasil Opersi Hitung.
3.      LKS 1 : Penaksiran hasil Opersi Hitung
4.      Kunci LKS
5.      Soal Evaluasi
6.      Kunci Jawaban Evaluasi
  1. Alat dan Bahan
Media : Kartu Bilangan dan papan Planel
  1. Evaluasi
1.      Penilaian proses
2.      Penilaian Produk
Daftar Pustaka
Dunia Matematika untuk kelas V SD dan MI. Platinum: Jakarta
Pelajaran Matematika Penekanan Pada Berhitung untuk SD kelas V. Erlangga: Jakarta           




Mengetahui
Kepala Sekolah




Hamdani,S.Pd
NIP. 197311111993041001
Cahaya Batin, .....................  2010
Guru Kelas




Meri Altu Syaferi
NIP: 197505121998031002







Lembar Penilaian
1.      Penilaian Proses
Penilaian proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, baik saat bekerja dalam kelompok-kelompok maupun saat siswa bekerja secara individu. Lembar penilaian ini diisi per 15 menit.
Kelas      : V SD
Tanggal  :
No
Nama Siswa
Tujuan Pembelajaran
1
2
3
4
5
6






1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15













16













17













18













19













20













21













22













23

















2.      Penilaian Produk
Lembar Kegiatan Siswa
  1. Taksirlah opersai Hitung berikut ini dengan taksiran atas.
3.      47 x 23
4.      58 x 12
5.      68 + 89
6.      74 : 39
7.      82 - 36
  1. Taksirlah Operasi Hitung berikut ini dengan taksiran bawah
1.      134 + 4352
2.      621 x 21
3.      11.020 x 11
4.      7.281- 937
5.      899 : 19

  1. Taksirlah operasi hitung berikut dengan taksiran terbaik.
1.      34 x 28
2.      55 x 46
3.      87 – 33
4.      292 + 57
5.      762 : 21




















Kunci Jawaban LKS 1
  1. Taksiran Atas
1.      1500
2.      1200
3.      160
4.      2
5.      50
  1. Taksiran Bawah
1. 4100
2. 12.000
3. 110.000
4. 6.100
5. 80
  1. Taksiran terbaik
1. 900
2. 3000
3. 60
4. 350
5. 740






















Nama-nama Kelompok
Dalam permainan

Kelompok I                                                    Kelompok III
1.                                                                     1.
2.                                                                     2.
3.                                                                     3.
4.                                                                     4.
5.                                                                     5.
                                                                       



 Kelompok II                                                  Kelompok IV
1.                                                                     1.
2.                                                                     2.
3.                                                                     3.
4.                                                                     4.
5.                                                                     5.






















Soal Evaluasi
A.    Bulatkan bilangan-bilangan berikut ke satuan terdekat !
1.      19,9   dibulatkan menjadi……………
2.      57,7   dibulatkan menjadi……………
3.      425,1 dibulatkan menjadi……………
B.     Bulatkan bilangan-bilangan berikut ke puluhan terdekat !
1.      48.735   dibulatkan menjadi……………
2.      28.826   dibulatkan menjadi……………
3.      72.169  dibulatkan menjadi……………
C.     Bulatkan bilangan-bilangan berikut ke ratusan terdekat !
1.      432   dibulatkan menjadi……………
2.      647   dibulatkan menjadi……………
3.      659   dibulatkan menjadi……………
D.    Taksirlah operasi hitung berikut dengan taksiran terbaik.
1.      421 x  13
2.      944 – 478
3.      6.423 + 3.625
























Kunci Jawaban Evaluasi

1. 20
2. 58
3. 425
4. 48.740  
5. 28.830
6. 72.170
7. 400
8. 600
9. 700
10. 4.200
11.400
12. 10.000




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

            Nama Sekolah             : SD Negeri 06 Semidang Gumay
            Kelas/ Semester           : V/I
            Mata Pelajaran            : Matematika
            Alokasi Waktu            : 6 x 35 Menit (3x Pertemuan)

A.    STANDAR KOMPETENSI
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

B.     KOMPETENSI DASAR
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana.

C.    INDIKATOR
Produk
1.    Membaca dan menulis perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
2.    Mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
3.    Mengerjakan operasi perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
4.    Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
Proses
1.    Menjelaskan cara membaca dan menulis perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
2.    Menjelaskan cara melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangangan berpangkat dua.
3.    Menjelaskan cara melakukan operasi  perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
4.    Menjelaskan cara melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
Keterampilan proses
Melakukan komunikasi meliputi bertanya dan berpendapat

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Produk
1        Diberikan bagan perkalian, siswa dapat membaca dan menulis perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
2        Diberikan soal, siswa dapat mengerjakan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
3        Diberikan soal, siswa dapat mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
4        Diberikan soal siswa dapat mengerjakan operasi perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
5        Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan cara penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
Proses
1        Diberikan suatu permasalahan siswa dapat membaca dan menulis perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
2        Diberikan beberapa contoh soal siswa dapat mengerjakan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
3         Menjelaskan cara melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangangan berpangkat dua sesuai dengan aturan-aturan tertentu.
4         Menjelaskan cara melakukan operasi  perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan berpangkat dua sesuai dengan aturan-aturan tertentu.
5        Melalui pemberian masalah siswa dapat menyelesaikan cara penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
Keterampilan proses
Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi, bertanya dan berpendapat.

E.       Materi Pelajaran
1.       Perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
2.       Oprasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
3.       Penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.

F.       Model/ Metode  Pembelajaran
1.       Model pembelajaran: Konstruktivistik
2.       Metode: Inkuiri, tanya jawab dan penugasan.

G.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)
Pendahuluan (± 5 menit)
1.       Guru mengkondisikan kelas sehingga siap untuk belajar.
2.       Guru mengecek kehadiran siswa.
3.       Guru melakukan apersepsi dengan menggali pengalaman siswa tentang bilangan kuadrat,  melalui pertanyaan “ Anak-anak apakah kalian tau tentang bilangan kuadrat ?” Coba berikan contohnya?, Apakah angka 1 bisa dikuadratkan?, Nah, mari kita pelajari sekarang.
4.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
Kegiatan Inti (± 50 menit)
1.    Guru melakukan  Tanya jawab dengan siswa mengenai materi perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
2.    Dengan menggunakan bagan perkalian dan kartu bilangan, siswa di minta untuk membaca dan menulis perpangkatan dua sebagai perkalian berulang.
3.    Secara bergantian siswa diminta maju ke depan kelas untuk menentukan perkalian bilangan kuadrat pada bagan perkalian.
4.    Guru meminta  2 orang siswa mengerjakan latihan di papan tulis.
5.    Siswa yang lain ikut mencari jawabannya di buku tulis mereka masing-masing.
6.    Siswa dan guru membahas jawaban yang telah dikerjakan  oleh siswa.
7.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang dianggap belum jelas.
Penutup (± 15 menit)
1.    Bersama dengan siswa, guru membuat rangkuman mengenai materi pelajaran yang telah dipelajari.
2.    Guru memberikan evaluasi.
3.    Guru memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)
Pendahuluan (± 5 menit)
1.       Guru memotivasi siswa dengan mengingatkan kembali  pelajaran yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
2.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti  (± 50 menit)
1.       Guru meminta siswa terlebih dahulu membaca dan memahami materi pelajaran yang terdapat pada buku paket mereka masing-masing.
2.       Guru melakukan tanya jawab tentang cara mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
3.       Guru melakukan tanya jawab tentang cara mengerjakan operasi perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
4.       Kemudian guru memberikan beberapa contoh soal di papan tulis dan meminta siswa untuk mengerjakan oprasi hitung tersebut.
5.       Guru menanyakan apakah masih ada yang belum jelas dengan materi paelajaran yang telah disampaikan, jika ada siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas. Sebelum menjawab guru terlebih dahulu meminta siswa untuk menanggapi pertanyaan temannya tadi.
6.       Guru memberikan soal sebagai alat evaluasi dan membimbing siswa dalam mengerjakan soal evaluasi tersebut.
7.       Guru mengumpulkan hasil kerja siswa
Penutup (± 10 menit)
1.       Bersama-sama dengan siswa guru membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan di rumah.
3.       Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan pesan dan kesan yang menyenangkan.

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)
Pendahuluan (± 5 menit)
1.       Guru memotivasi siswa dengan mengingatkan kembali  pelajaran yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
2.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti  (± 50 menit)
1.       Guru meminta siswa terlebih dahulu membaca dan memahami materi pelajaran yang terdapat pada buku paket mereka masing-masing.
2.       Guru melakukan tanya jawab tentang cara melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
3.       Guru melakukan tanya jawab tentang cara mengerjakan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
4.       Kemudian guru memberikan beberapa contoh soal di papan tulis dan meminta siswa untuk mengerjakan oprasi hitung tersebut.
5.       Guru menanyakan apakah masih ada yang belum jelas dengan materi paelajaran yang telah disampaikan, jika ada siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas. Sebelum menjawab guru terlebih dahulu meminta siswa untuk menanggapi pertanyaan temannya tadi.
6.       Guru memberikan soal sebagai alat evaluasi dan membimbing siswa dalam mengerjakan soal evaluasi tersebut.
Penutup (± 10 menit)
1.       Bersama-sama dengan siswa guru membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan di rumah.
3.       Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan pesan dan kesan yang menyenangkan.

H.     Sumber Pembelajaran
1. Buku Paket Pandai Berhitung Matematika.
2. Lembar Penilaian Produk Pertemuan I
3. Kunci Jawaban Penilaian Produk Pertemuan I
4. Lembar Penilaian Produk Pertemuan II
5. Kunci Jawaban Penilaian Produk Pertemuan II
6. Lembar penilaian prudak pertemuan III
7. Kunci Jawaban Penilaian Produk Pertemuan III

I.        Alat dan Bahan
1.    Bagan perkalian
2.    Kartu Bilangan

Daftar Pustaka
1.    Sulardi. 2006. Pandai berhitung, matematika untuk SD kelas V. Jakarta: erlangga.
2.    Sudwiyanto, dkk. 2006. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.


 
           
Mengetahui
Kepala Sekolah




Hamdani,S.Pd
NIP.197311111993041001
                                                                                                                          Cahaya Batin, .....................  2010
Guru Kelas




Meri Altu Syaferi
NIP: 197505121998031002
          



Lembar Penilaian Produk Pertemuan I

Selesaikan Soal-soal di bawah ini!
1.      13² = … x … = …
2.      15² = … x … = …
3.      16² = … x … = …
4.      22² = … x … = …
5.      26² = … x … = …
6.      31² = … x … = …
7.      34² = … x … = …
8.      56² = … x … = …
9.      74² = … x … = …
10.  83² = … x … = …







































Kunci Jawaban Penilaian Produk Pertemuan I
1.      13² = 13 x 13 = 169
2.      15² = 15 x 15 = 225
3.      16² = 16 x 16 = 256
4.      22² = 22 x 22 = 484
5.      26² = 26 x 26 = 676
6.      31² = 31 x 31 = 961
7.      34² = 43 x 43 = 1849
8.      56² = 56 x 56 = 3136
9.      74² = 74 x 74 = 5476
10.  83² = 83 x 83 = 6889



























Lembar Penilaian Produk Pertemuan II

Selesaikan Soal-soal di bawah ini!
  1. 13² +14²= … + … = …
  2. 15² +12²= … + … = …
  3. 27² +11²= … + … = …
  4. 33² -21²= … - … = …
  5. 82² - 44²= … - … = …
  6. 22² - 12²= … - … = …
  7. 27² x 22²= … x … = …
  8. 32² x 11²= … x … = …
  9. 42² : 5²= … : … = …
  10. 68² : 9²= … : … = …







































Kunci Jawaban Penilaian Produk Pertemuan II
1.      13² +14²= 169 + 196 = 365
2.      15² +12²= 225 + 144 = 369
3.      27² +11²= 729 + 121 = 850
4.      33² -21²= 1089 - 441 = 648
5.      82² - 44²= 6724 - 1936 = 4788
6.      22² - 12²= 484 - 144 = 340
7.      27² x 22²= 729 x 484 = 352836
8.      32² x 11²= 1024 x 121 = 123904
9.      42² : 5²= 1764 : 25 = 70,56
10.  68² : 9²= 4624 : 81 = 57,08








































Lembar Penilaian Produk Pertemuan III

Selesaikan Soal-soal di bawah ini!
1.      Akar pangkat dua dari 16   = …; karena … x … = 16
2.      Akar pangkat dua dari 81   = …; karena … x … = 81
3.      √400 = …
4.      √484 = …
5.      √1225 = …



























Kunci Jawaban Penilaian Produk Pertemuan III

Selesaikan Soal-soal di bawah ini!
1.      Akar pangkat dua dari 16   = 4; karena 4 x 4 = 16
2.      Akar pangkat dua dari 81   = 9; karena 9 x 9 = 81
3.   √400 = …
√4.00 = 20
            2 x 2      4
         +         000
                    000
            40 x 0     . . .
4.  √484 = …
√4.84 = 22
            2 x 2      4
         +         084
                      84
            42 x 2     . . .
5.   √1225 = …
√12.25 = 35
            3 x 3        9
         +         325
                    325
            65x5       . . .




































1 komentar:

  1. Baccarat - Vegas | Free Baccarat | Play online slots at febcasino
    Baccarat. Baccarat is one of the most popular 바카라 사이트 and popular casino games งานออนไลน์ in Vegas. Play this game for 제왕 카지노 free, and win money with our easy to play

    BalasHapus