RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V (lima)/ I (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35”
I. Setandar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta,secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan atau berwawancara.
II. Kopetensi Dasar : Menanggapi suatu persoalaan atau peristiwa dengan memberikan cara pemecahannya dengan mempertahankan pilihan kata dan santunan berbahasa.
III. Indikator : - Menjelaskan masalah atau pristiwa yang terjadi di sekolah dengan tuntut.
- Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun’
IV. Tujaun Pembelajaran ; Siswa dapat menanggapi masalah dengan memberikan saran pemecahaannya’
V. Materi Ajar : Masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah
VI. Metode : Ceramah, Latihan, Diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal : Siswa berdoa dan selanjutnya apersepsi dengan mengabsen siswa, untuk membangkitkan motivasi siswa mendengarkan cerita anak yang dibacakan.
Siawa bertanya Mengenai unit pembelajaran.
Kegiatan Inti : - Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan latihan dan diskusi.
- Siswa Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan ceramah dan diskusi.
Kegiatan Akhir : - Siswa dan guru mengadakan refisi tentang proses dan hasil belajar
- Siswa diberi tugas mengenai permasalahan dan pemecahaannya.
VIII. Alat/ Sumber : Buku atau cerita bahasa Indonesia kelas V
IX. Penilaian : Tes Tertulis
Soal.
- Jelaskan masalah atau peritiwa yang terjadi di sekolah !
- Coba berikan komentar atau saran dengan logis dan bahasa yang santun !
- Siapa saja yang yremasuk dalan tokoh atau cerita ?
Mengetahui
Kepala Sekolah Cahaya Batin, Juni, 2010
Guru Kelas
Hamdani, S.Pd Meri Altu Syaferi, S.Pd
Nip 197311111993041001 Nip. 19750512 199803 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar